Sabtu, 20 Mei 2017

Resensi Film : Ketangguhan Si Kecil Piper



Belajar Kemandirian dan Ketangguhan dari Si Kecil Piper
Judul : Piper
Sutradara : Alan Barillaro
Genre : Animation
Durasi : 6 menit
Rilis : 17 Juni 2016
Ditributor : Walt Disney Studios Motion Pictures

Sekumpulan burung yang tinggal di pinggir pantai. Dari sekian banyak burung, hanya ada satu burung yang masih kecil yang tinggal bersama ibunya. Dia bernama Piper. Di sana, para burung memanfaatkan ekosistem laut, mereka memakan kerang laut yang bisa didapatkan dengan mencari di dalam pasir. Begitu pun dengan Piper, dia berusaha mencari makanan. Sampai ketika ada ombak datang, para burung pun berusaha lari menghindari pantai. Malang nasib piper, ia jatuh dan tanpa mampu menghindar, ombak pun menerjang tubuh ringkihnya.
Akibatnya, Piper kedinginan dan trauma dengan ombak. Ibunya mengajarkan kemandirian. Walaupun Piper sakit, ibunya tak memberi makan. Justru Piper sendirilah yang harus mengisi perutnya. Dengan terpaksa ia kembali ke tepian pantai, Piper merasa ketakutan ketika hendak mencari kerang.
Gambaran sikap yang berlawanan dengan hubungan orangtua dan anak di zaman sekarang. Ketika anaknya sakit, justru orangtuanya sangat memanjakan anaknya. Apapun keinginan anaknya pasti dituruti.
Piper, karena didikan kemandirian yang diberikan ibunya, akhirnya ia pun menemukan solusi dari masalahnya. Bahkan solusi tersebut sangat berbeda dengan burung-burung yang lainnya. Dan tentu saja menghasilkan hal yang luar biasa.
Di dalam cerita itu, Piper bertemu dengan sekeluarga Kelomang atau sejenis keong laut, keluarga itu terus saja berjalan ke arah laut saat ombak sudah mulai datang. Berniat menolong, Piper dengan polosnya mengikuti cara keluarga kelomang menghindari ombak. Tak disangka dengan cara itulah piper mendapatkan jawaban atas masalahnya, sehingga ia dapat berani dengan air dan tidak lagi trauma. Karena itu pula, dia lebih hebat mencari kerang dibanding dengan burung lainnya.
Kisah Piper di film pendek yang berdurasi enam menit karya Alan Barillaro ini memang berisi pelajaran atau sarat akan pesan moral yang dibingkai dalam film animasi. Sutradara yang satu ini pernah mendapatkan penghargaaan nominasi Academy Award for Best Animated Short Film. Direktor Pixar ini juga pernah menyutradai film-film animasi lainnya seperti Finding Nemo, Finding Dory, Moana, dan Zootopia.
Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil oleh penonton. Seperti halnya, cara mencari solusi ketika ada masalah. Lihat sudut pandang yang berbeda dengan orang lain. Memecahkan masalah sebaiknya dengan cara sendiri.
Di era sekarang, penyampaian pesan atau pelajaran melalui film tidak melulu harus dengan film yang berdurasi panjang, sebab untuk menonton sebuah film yang berdurasi panjang membutuhkan waktu yang inten. Sehingga, sekarang banyak film-film pendek malah bagus dan mengandung banyak pesan untuk ditonton diberbagai waktu.
Dari film Piper ini, pesan tentang kemandirian dan ketangguhan untuk hidup. Jika  anak zaman sekarang, anak-anak selalu condong hidup manja dengan fasilitas yang membuat mereka enggan berusaha pada sesuatu yang dikerjakan. Piper disini mengajarkan untuk tidak berputus asa, tidak bermanja, berusaha mencari solusi dari masalah yang menimpa dirinya dengan keberanian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulumul Hadis: al-Akabir an-Ashaghir, al-Aba 'an al-Abna, al-Abna 'an al-Aba

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang             Hadis merupakan sumber ajaran islam, di samping al-Quran dilihat dari sudut per...